Kamis, 12 Juli 2012

Manfaat Excel


I.          MANFAAT MS EXCEL, MENGELOLA     WORKSHEET

1.1. Manfaat  Microsoft Ecxel

1.2. Mengolah Worksheet Excel 2007- Kali ini, Anda akan mencoba melakukan beberapa cara mengolah worksheet. Sebelumnya Anda perlu mengetahui beberapa istilah pada worksheet yang tentu berbeda dengan aplikasi Office lainnya.

1. Istilah pada Worksheet Excel 2007
Bekerja dengan Excel, berarti Anda bekerja dengan worksheet. Pada worksheet terdapat beberapa istilah, seperti cell, row, column, column header, row header, dan range. Berikut ini beberapa istilah yang perlu Anda ketahui.
Tabel 5.8 Istilah-istilah pada Worksheet Excel 2007
Worksheet
Work Sheet adalah suatu bidang yang merupakan lembar kerja dari Excel. Bagian bagian dari work sheet, di antaranya kolom, baris, dan cell (sel)
Range
Range adalah kumpulan dari beberapa sel.
Column
Column (kolom) adalah ruang antara dua garis tegak pada worksheet.
Column Header
Column Header adalah induk dari sebuah kolom. Pengaturan atau perubahan pada induk ini akan berakibat kepada seluruh sel yang terdapat pada kolom tersebut. Column Header diwakili oleh huruf, seperti A, B, C, D, dan seterusnya.
Row
Row (baris) adalah ruang antara dua garis mendatar pada worksheet. Row Header adalah induk dari sebuah baris, pengaturan pada row header ini, juga akan berakibat pada seluruh sel yang terdapat pada baris tersebut. Row header diwakili oleh angka, seperti 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya.
Cell
Cell (selanjutnya ditulis sel) adalah pertemuan antara baris dan kolom. Contoh: A10 ( fokus berada pada baris A dan kolom 10)
Formula Bar
Formula Bar, adalah batang yang mengidentifikasikan seluruh kegiatan pada sebuah sel. Formula bar menampilkan seluruh karakter yang dituliskan pada sebuah cell. Formula bar juga digunakan untuk menuliskan rumus-rumus (formula) kepunyaan Excel.
Name Box
Name Box adalah kotak yang menampilkan informasi tentang sel atau range yang sedang aktif (terpilih).
Tab Sheet
Tab Sheet adalah suatu lajur yang mewakili sheet-sheet (lembaran-lembaran) yang terdapat pada work book.
2. Memindahkan dan Menyalin Worksheet Excel 2007
Secara default, Excel 2007 menyediakan tiga lembar worksheet dalam sebuah workbook Excel (dokumen). Hal ini terlihat dari tiga buah tab sheet yang terletak di bawah jendela Excel di samping Status bar.

Anda diperbolehkan untuk menambah sheet baru, mengubah judul pada tab sheet tersebut, atau membedakan tiap-tiap tab sheet dengan warna yang berbeda-beda. Untuk menambahkan sheet baru, klik tab Insert Worksheet (tab yang berada di paling kanan dari deretan sheet) atau tekan tombol F11. Dapat juga diukur dengan mengklik kanan pada sebuah tab sheet, kemudian mengklik menu Insert.

Gambar 5.19 Cara menambah sheet baru dengan klik kanan
Klik ikon Worksheet kemudian klik OK pada dialog yang ditampilkan. Maka di sisi kiri tab sheet tersebut (tab sheet yang diklik kanan) akan bertambah sebuah tab sheet baru.

Anda bisa memindahkan tab sheet baru tersebut dengan melakukan dragging. Klik tab sheet baru tersebut, tahan tombol kiri mouse, seret tab sheet ke kanan atau ke kiri.

Untuk mengubah judul pada tab sheet, dapat Anda lakukan dengan mengklik ganda pada tab sheet sehingga judul tab sheet diblok.

Ketikkan judul baru untuk tab tersebut, akhiri dengan menekan tombol Enter.

Untuk mengubah warna tab sheet, klik kanan pada sebuah tab sheet yang ingin diubah warnanya, klik Tab Color, klik sebuah warna yang disediakan. Maka tab sheet tersebut telah berganti warnanya.

Gambar 5.20 Cara mengubah warna tab sheet
Tujuan menyalin worksheet biasanya dimaksudkan untuk mengelompokkan worksheet yang tercecer pada beberapa workbook agar tersimpan hanya pada sebuah workbook saja. Untuk menyalin worksheet, pilih satu atau beberapa worksheet yang dikehendaki pada tab sheet. Untuk memilih beberapa worksheet bisa Anda lakukan dengan cara klik tab sheet pertama, tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard, klik tab sheet lainnya. Klik kanan pada tab sheet yang terpilih pertama kali, klik menu Move or Copy.

Gambar 5.21 Cara memilih beberapa tab sheet

Gambar 5.22 (a) Perintah Move or Copy akan memunculkan kotak dialog (b) Move & Copy
Kemudian di kotak dialog Move or Copy yang ditampilkan, tandai checkbox Create a copy untuk menggandakan worksheet yang terpilih, atau jangan tandai checkbox ini jika Anda hanya ingin memindahkan worksheet terpilih. Klik Move to end, jika Anda ingin meletakkan posisi tab sheet yang terpilih di posisi paling akhir. Pengaturan di atas adalah untuk memindahkan atau menyalin worksheet terpilih masih dalam workbook yang sama. Jika Anda ingin memindahkan atau menyalin worksheet terpilih dari workbook satu ke workbook lain, ganti pilihan pada combobox To book: menjadi new book. Klik OK untuk memproses pemindahan atau penyalinan worksheet terpilih.

Gambar 5.23 (a) Pilihan untuk melakukan penyalinan worksheet (b) Pilihan Move or Copy pada workbook baru










1.3 Menggunakan Fasilitas Insrt
Untuk membuat data lebih mudah, anda dapat mengatur data dalam sebuah table format pada sebuah worksheet.
Feature ini memudahkan anda untuk melakukan Filter, dengan tambahan untuk menghitung pada kolom dan baris, yang akan menjadikan proses penghitungan lebih mudah.
Selain itu feature ini memungkinkan anda untuk menampilkan Total dari data yang berupa angka, melakukan Sort, dan formattable yang sudah disediakan. Anda dapat menampilkan table yang anda miliki dengan fasilitas-fasilitas tersebut serta dengan tampilan yang professional.
Langkah-langkah:
1. Tempatkan kursor pada sebuah cell dari range data anda. (Ingat, anda juga dapat menghighlight range data anda untuk langkah pertama ini)
2. Pada tab Home, pada group Styles, klik Format as Table, lalu anda pilih table style yang anda inginkan. (Keyboard shortcut: CTRL+L atau CTRL+T)
3. Jika range data yang anda pilih memiliki judul (header) diatasnya, maka anda klik check box My table has headers pada Format as Tabledialog box.
4. Klik OK.
Anda lihat bahwa Table Tools akan muncul ketika kursor berada di dalam range data anda, dan sebuah tab Design. Kita akan bahas lebih lanjut option-option apa yang ada pada tab ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar